Berita LPPM


Generic placeholder image

Ka. LPPM STT Jadi Verifikator SINTA

05 April 2018

STT Ibnu Sina - Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) STT Ibnu Sina Batam, Albertus LS,MT menjadi verifikator Science and Techology Index (SINTA) publikasi sitasi nasional serta jurnal dari dosen peneliti. Hal ini dilalui setelah mengikuti pelatihan di Universitas Negeri Padang (UNP), yang dilaksanakan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan, (2-3/4/2018).

Peserta pelatihan ini sebanyak 108 orang dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta di Provinsi Sumbar, Riau dan Jambi. SINTA adalah sistem aplikasi yang dibuat untuk mendata publikasi dan sitasi nasional serta internasional dari dosen dan peneliti di Indonesia. Ini dapat memetakan kepakaran dan pemeringkatan kinerja dari penulis, institusi dan jurnal terbaik di Indonesia.

SINTA diharapkan dapat memotivasi para dosen dan peneliti agar lebih giat menghasilkan publikasi. Kata Albertus, salah satu tugas verifikator adalah memotivasi para dosen untuk membuat jurnal termasuk dalam meng upload hasil penelitiannya ke Sinta.

"Verifikator untuk membantu para dosen mengupload. Tata caranya,"ujar Albertus.

Katanya, dosen harus mau meneliti dan menulis jurnal internasional. Ini termasuk dalam Tridharma perguruan tinggi tugas dosen untuk mentransformasikan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Generic placeholder image

STT Jadwalkan KKL Kolaborasi Bersama PT Malaysia, Akhir April

26 Februari 2018

STT Ibnu SIna - Pelaksanaan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) dijadwalkan pada pekan ketiga April Tahun Akademik 2017/2018. Kali ini, panitia berupaya menggandeng Perguruan Tinggi (PT) dari Malaysia, khususnya yang sudah melakukan kerjasama dibidang pengabdian.

KKL sendiri merupakan program perguruan tinggi yang bertujuan memberikan pengalaman dan wawasan kepada para mahasiswa mengenai kehidupan di masyarakat maupun dunia kerja. Hal ini juga sebagai bekal hidup dalam bersosialisasi dan mengabdi kepada masyarakat ketika sudah menjadi sarjana.

“Adanya pengalaman belajar ini, akan meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam mempersiapkan diri menghadapi keadaan masyarakat dan dunia kerja yang sesungguhnya,”ujar Ketua STT Ibnu Sina Batam, Ir. Larisang, MT.,IPM. Dalam rapat persiapan KKL, Senin (26/2/2018).

Ia menjelaskan, mahasiswa akan melihat berbagai masalah serta cara menghadapi masalah tersebut  yang terkadang tidak dapat dijumpai di bangku perkuliahan.

Ketua Panitia KKL, Albertus L S,MT. menjelaskan, panitia sendiri tengah melakukan komunikasi dengan Politeknik Mersing Johor dan perguruan tinggi Malaysia lainya untuk turun bersama ditengah masyarakat.

“Kita sedang komunikasikan. Kita berharap, bisa bersama-sama turun dengan mahasiswa dari Malaysia,”jelasnya.

Namun demikian, Albian memastikan jadwal KKL STT Ibnu Sina, tidak akan berubah meski tidak berkolaborasi dengan kampus dari Malaysia. Bila mereka belum bersedia, maka STT akan tetap lanjut.

“Kita akan terus berkomunikasi. Tapi kita tidak berpatokan ke mereka. Bila mereka tidak siap. Maka kita akan tetap lanjut,”terangnya.

 

Generic placeholder image

Tiga Penelitian Dosen Lolos Hibah Bersaing Kemeristek Dikti

17 Januari 2018

STT Ibnu Sina -  Tiga proposal penelitian dosen STT Ibnu Sina Batam mendapat apresiasi dari Kemenristek Dikti untuk dilanjutkan ketahap penelitian. Mereka juga akan mendapat bantuan pendanaan selama penelitian.

Adapaun judul penelitian itu, yang dibuat oleh M. Ansyar Bora, MT.,IPM bersama Nanang Alamsyah, MT.,IPM adalah Pengembangan Sistem Pengukuran Kinerja Perusahaan Starup di Perusahaan Teknologi Informasi.

Judul kedua, adalah Pengembangan Model Arsitektur Enterprise Penjamin Mutu Internal Untuk Perguruan Tinggi, yang dibuat oleh M.Ropianto, M.Kom dan Didin Setiawan, M.Si. Sementara judul ketiga yang lolos adalah, Perancangan Dashbord Sebagai Sistem Informasi Pada Badan Pengelolaan Pajak Dan Retribusi Daearh Kota Batam yang dibuat oleh Abdul Rohmat Basar, M.Kom.

Para dosen ini masuk dalam kategori Penelitian Dosen Pemula (PDP). Untuk diketahui, Kemenristek Dikti melalui Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan setiap tahun menggolontorkan dana miliaran untuk kegiatan penelitian dan pengabdian kepada para dosen.

Sebelum memberikan bantuan, proposal penelitian atau pengabdian harus melalui verifikasi terlebih dahulu dan sesuai aturan yang sudah ditetapkan.

Ketua STT Ibnu Sina Batam, Ir. Larisang, MT.,IPM. Menuturkan, lolosnya tiga judul penelitian dosen STT membuktikan bila SDM yang ada memang mumpuni. Pengakuan ini harus terus ditingkatkan, karena selain member kontribusi bagi negeri ini, juga akan menambah kesejahteraan para dosen.

“Kita memang mendorong seluruh dosen untuk melakukan penelitian atau pengabdian karena sebagai tugas pokok di Tri Dharma Perguruan Tinggi,”terangnya.

Ia berharap, setiap tahun jumlah penelitian dosen di STT akan terus bertambah seiring dengan peningkatan kapasitas SDM yang ada.

Untuk diketahui, di 2017 beberapa dosen STT juga lolos melakukan penelitian dan mendapat bantuan dari pemerintah.

 

Generic placeholder image

Koran Sindo Batam Sharing ilmu Bersama Pers STT

08 Desember 2017

STT Ibnu Sina -        Jurnalistik  memiliki prospek yang sangat baik bagi keterampilan diri maupun sebagai pilihan karir dimasa depan sehingga sangat bermanfaat untuk dipelajari oleh mahasiswa.

Saat ini berita dan informasi sudah menjadi kebutuhan sehari-hari bagian masyarakat khususnya anak-anak muda yang selalu aktif dengan gadgetnya.

UKM Pers Sekolah Tinggi Teknik (STT)   Ibnu Sina memahami untuk membuat sebuah berita atau informasi yang baik dan bisa diterima oleh warga kampus membutuhkan keterampilan tersendiri, karena itu pada minggu, (5/11/2017)  UKM pers STT mengundang Asisten Redaktur Koran Sindo Batam, Zaki Setiawan untuk melakukan diskusi dan sharing Ilmu di bidang Jurnalistik.

Diskusi ini diikuti olehs ekitar 17 orang anggota UKM Pers, berbagai materi jurnalistik serta pengalaman – pengalaman zaki saat dahulu masih mengelola pers mahasiswa juga dipaparkan dalam diskusi tersebut.

Katanya, pers mahasiswa memiliki peran strategis di internal maupun eksternal kampus.

“Diinternal kampus, pers mahasiswa bisa menjadi motivasi bagi lahirnya karya-karya tulis maupun kepedulian mahasiswa untuk lebih mengenal dan mencintai kampus tempatn ya menimba ilmu serta mengajak mahasiswa untuk terlibat aktif dalam mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi,”katanya.

“Sementara di eksternal kampus, pers mahasiswa bisa menjadi sumber informasi alternatif yang lebih jernih dan obyektif. Karena mahasiswa memiliki idealism dan independensi, sehingga terbebas dari beragam kepentingan, terutama politik dan orientasi hanya untuk mendapatkan keuntungan,”tambah alumnus STT ini.

Ketua UKM pers, Batra berharap, diskusi ini dapat memberikan manfaat bagi seluruh anggotanya yang aktif di bidangjurnalistik, sehingga pengelolaan pers mahasiswa di kampus Ibnu sina akan lebih baik lagi kedepannya.  (agungSunarya – redaksi Ukm pers)

 

Generic placeholder image

KKL STT 2016, Jaga Nama Baik Almamater

15 April 2016

STT Ibnu Sina – Kuliah Kerja Lapangan (KKL) mahasiswa Sekolah Tinggi Teknik (STT) Ibnu Sina Batam sudah dimulai sebagai sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat.  Pelepasan mereka pun langsung dilakukan Ketua Yayasan Ibnu Sina, Andi Ibrahim.

Dalam amanatnya, Andi Ibrahim meminta kepada mahasiswa KKL untuk menjaga prilaku sepanjang kegiatan berlangsung. Sebagai kaum intelektual, tentu transfer ilmu yang bermanfaat sangat diharapkan masyarakat, bukan sebaliknya.

“Jaga nama baik almamater kita. Yayasan kita dikenal dengan yayasan islami, prilaku dan adab perlu diperhatikan,”ujar pria yang akrap disapa opung ini, saat pelepasan di Aula Utama Ibnu Sina, Jumat (15/4/2016) pagi.

Mahasiswa KKL tahun ini sendiri, sebanyak 117 orang, dari dua Program Studi, yakni Teknik Industri dan Teknik Informatika. Formulanya, peserta dibagi menjadi 10 kelompok yang kemudian turun kelapangan. Dimana setiap kelompok memiliki dua dosen pembimbing.

Dihari pertama,  mereka turun ke 10 sekolah berbeda dengan membawa materi pelatihan. Materi-materi pembelajaran mahasiswa ditentukan sendiri, untuk diberikan kepada para pelajar,  seperti kewirausahaan, multimedia, kerajinan dan lain sebagainya sesuai dengan bidang ilmunya.

Ketua STT Ibnu Sina Batam, Larisang, MT. mengatakan, untuk hari kedua dan selanjutnya, seluruh mahasiswa ditempatkan di perkampungan Tanjung Colem, Kelurahan Cate Kecamatan Galang. Disana beragam kegiatan akan dilaksanakan, mulai dari pelatihan, bakti sosial dan lainya.

“Salah satu bantuan kita disana, yakni membantu membangun mushalla. Karena disana memang mushalla tidak ada, membuat sumur, pelatihan memasak bagi ibu-ibu dan lain sebagainya,”katanya.

 

 

 

Generic placeholder image

Rapat Pembimbing KKL STT Ibnu Sina, Angkatan XVI Tahun 2016

08 April 2016

STT Ibnu Sina - Pertemuan pembimbing Kuliah Kerja Lapangan (KKL) mahasiswa STT Ibnu Sina Batam. Pertemuan itu, membahas kesiapan dan beragam agenda yang akan dijalankan nantinya.

Generic placeholder image

Automation Home dan Ransel Infus, Karya Mahasiswa STT Ibnu Sina Tampil di TTG Kota Batam

07 April 2016

STT Ibnu Sina Batam – Mahasiswa Sekolah Tinggi Teknik Ibnu Sina ikut ambil bagian dalam pagelaran Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat Kota Batam, 2016. Dua karya mereka disajikan, berupa Aotomation Home dan Ransel Infus.

Aotomation home berupa teknologi  pengaturan waktu lampu menggunakan jam. Pengguna nantinya dipastikan mendapat manfaat kehematan daya, karena lampu baru bisa hidup sesuai dengan keinginan.

Sementara Ransel Infus dimanfaatkan bagi korban bencana. Alat itu bisa digunakan dalam keadaan darurat dimana lokasi kejadian jauh dari rumah sakit.  Ransel itu dimanfaatkan oleh pasien.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pasar, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah (PMPKUM) Kota Batam, Pebrialin mengatakan lomba tahun ini diikuti 40 peserta.

"Sebanyak 15 peserta di kategori pelajar, dan 22 peserta umum, serta tiga peserta untuk kategori TTG unggulan," kata Pebrialin.

Pada lomba ini peserta dinilai oleh tiga orang juri. Mereka berasal dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), serta dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

Saat lomba, tiap peserta diberi waktu 20 menit. Lima menit pertama untuk presentasi, lima menit kedua untuk demonstrasi alat, dan 10 menit terakhir untuk tanya jawab dengan dewan juri.

"Kalau masih ada waktu, masyarakat yang hadir juga boleh bertanya kepada peserta," kata Pebrialin.

 

Generic placeholder image

Rapat Persiapan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) STT Ibnu Sina Tahun 2016

17 Maret 2016

Dalam rangka melakukan persiapan KKL STT Ibnu Sina Batam tahun 2016, STT Ibnu Sina Batam dengan 2 Program Studi melakukan  Kamis, 17 Maret  2016 melakukan rapat Antara Pimipinan STT dan Dosen Pembimbing KKL di Ruang Meeting Lantai 3. Rapat dimulai pukul 17:00 sampai pukul 18:00 wib  dihadiri oleh hampir 95% majlis dosen pembimbing KKL dan  dibuka oleh Pembantu Ketua I, M. Ansyar Bora, MT. Beberapa agenda yang dibahas dan keputusannya adalah:

  1. Persiapan KKL STT Ibnu Sina Batam Tahun 2016.
  2. Mekanisme Kegiatan terdiri dari Fisik dan Non Fisik
  3. KKL  akan dilaksanakan pada tanggal 14- 17 April
  4. Rapat juga memutuskan untuk TIM dan Kepanitia KKL segera melakukan surver dilapangan
  5. Kepada Dosen diharapkan sudah dapat membuat program pengabdian kepada masyarakat bersama mahasiswa dalam KKL Tahun 2016

 

 

Generic placeholder image

Rapat Pembentukan Panitian KKL Tahun Akademik Genap 2015/2016

11 Maret 2016

I    Hari    :    Jumat
    Tanggal    :    11 March 2016
    Jam    :    17.00 – 18.50 Wib
    Tempat    :    Gedung C Lantai 3
    Agenda    :    Rapat Pembentukan Panitia dan Pembahasan Kuliah Kerja Lapangan STT Ibnu Sina Batam Genap Tahun Akademik STT Ibnu Sina Batam
    Peserta    :    -    Unsur Pimpinan STT
-    LPMI STT Ibnu Sina Batam
-    LPPM STT Ibnu Sina Batam
-    Ka. Prodi Teknik Industri
-    Ka. Prodi Teknik Informatika
-    Ka. BAAK
-    Ka. BAUK
-    Ka Lab Informatika dan Industri
-    ICT STT Ibnu Sina Batam
-    Perpustakaan STT Ibnu Sina Batam
-    Staff STT Ibnu Sina Batam

II    Pimpinan Rapat    :    M. Ansyar Bora, MT.
    Sekretaris/notulis    :    M.Ropianto, M.Kom
    Peserta yang Hadir    :    
    Peserta yang Tidak Hadir    :    


III.    Acara         
1.    Pembukaan oleh Pak M. Ansyar Bora, MT
2.    Sambutan Ketua STT Ibnu Sina Batam (Ir.Larisang, MT)
3.    Pembahasan materi
4.    Diskusi
5.    Kesimpulan dan Rekomendasi
IV.    Risalah Pembicaraan
1.    Rapat dibuka oleh Pimpinan sidang.
a.    Pembentukan panitia KKL Genap  2015/2016
b.    Pembahasan KKL dan Pembiayan KKL Genap 2015/2016


2.    Sambutan dan arahan Ketua STT Ibnu Sina (Ir. Larisang, MT)

a.    Pengarahan Pekerjaan sesuai dengan Standar Mutu STT Ibnu Sina Batam dan SOP STT Ibnu Sina Batam.
b.    Pembahasan KKL Genap 2015/2016
c.    Pembentukan Panitia KKL Genap
d.    Pembentukan Struktur Panitia dan Survey Lokasi KKL oleh Ketua Panitia
e.    KKL bersama (Collaboration)dengan politeknik kota bahru Surabaya, mahasiswa dan dosen akan berkunjung ke Batam (di Bulan April 2016).
f.    STIE dan STAI sudah melakukan KKL Collaboration ) ditahun 2015


-    .
3.    Diskusi Pembentukan Ketua Panitia
a.    M. Ansyar Bora, MT.
-    Mekanisme pemilihan
1.    Mengajukan diri
2.    Polling dengan mengusulkan nama
3.    Pemilihan dengan menghasilkan nama
a.    Abdul rohmat basar 10
b.    Herman (1)
c.    Andi Akbar (1)
d.    Sabtu (0)
e.    Nanang (6)
Terpilihnya Ketua Panitia Abdul Rohmad Basar, M.Kom, KKL Genap 2015/2016 dan sekretaris panitia adalah pak Nanang, MT
-    Pembiayaan KKL
-    Data sementara 128 Mahasiswa yang sudah mengambil matakuliah Kerja Praktek
-    

b.    Ir Larisang, MT.
-    Pembiayaan KKL  Genap 2015/2016
-    Akan di ikutkan SKS yang sudah 110,
-    Pembiayaan masih belum dinaikkan
-    Biaya KKL Rp.1.350.000 tahun kemarin
-    Melibatkan Dosen Tetap untuk melakukan KKL dan mahasiswa sebagai pendamping pelaksanaan kegiatan.
-    KKL lebih kepada materi dan untuk kegiatan fisik (berupa perbaikan masjid dan dll) sesuai dengan kondisi lapangan di KKL nanti)
-    Untuk size baju segera di informasikan kepada mahasiswa


4.    Kesimpulan dan Rekomendasi

Diharapka ketua panitia terpilih untuk dapat segera membuat system kkl , karena kkl kolobarasi ini,

Ruang Meeting STT Ibnu Sina Batam, 11 March 2016,


I    Hari    :    Jumat
    Tanggal    :    11 March 2016
    Jam    :    17.00 – 18.50 Wib
    Tempat    :    Gedung C Lantai 3
    Agenda    :    Rapat Pembentukan Panitia dan Pembahasan Kuliah Kerja Lapangan STT Ibnu Sina Batam Genap Tahun Akademik STT Ibnu Sina Batam
    Peserta    :    -    Unsur Pimpinan STT
-    LPMI STT Ibnu Sina Batam
-    LPPM STT Ibnu Sina Batam
-    Ka. Prodi Teknik Industri
-    Ka. Prodi Teknik Informatika
-    Ka. BAAK
-    Ka. BAUK
-    Ka Lab Informatika dan Industri
-    ICT STT Ibnu Sina Batam
-    Perpustakaan STT Ibnu Sina Batam
-    Staff STT Ibnu Sina Batam

II    Pimpinan Rapat    :    M. Ansyar Bora, MT.
    Sekretaris/notulis    :    M.Ropianto, M.Kom
    Peserta yang Hadir    :    
    Peserta yang Tidak Hadir    :    


III.    Acara         
1.    Pembukaan oleh Pak M. Ansyar Bora, MT
2.    Sambutan Ketua STT Ibnu Sina Batam (Ir.Larisang, MT)
3.    Pembahasan materi
4.    Diskusi
5.    Kesimpulan dan Rekomendasi
IV.    Risalah Pembicaraan
1.    Rapat dibuka oleh Pimpinan sidang.
a.    Pembentukan panitia KKL Genap  2015/2016
b.    Pembahasan KKL dan Pembiayan KKL Genap 2015/2016


2.    Sambutan dan arahan Ketua STT Ibnu Sina (Ir. Larisang, MT)

a.    Pengarahan Pekerjaan sesuai dengan Standar Mutu STT Ibnu Sina Batam dan SOP STT Ibnu Sina Batam.
b.    Pembahasan KKL Genap 2015/2016
c.    Pembentukan Panitia KKL Genap
d.    Pembentukan Struktur Panitia dan Survey Lokasi KKL oleh Ketua Panitia
e.    KKL bersama (Collaboration)dengan politeknik Kota Bahru, mahasiswa dan dosen akan berkunjung ke Batam (di Bulan April 2016).
f.    STIE dan STAI sudah melakukan KKL Collaboration ) ditahun 2015


-    .
3.    Diskusi Pembentukan Ketua Panitia
a.    M. Ansyar Bora, MT.
-    Mekanisme pemilihan
1.    Mengajukan diri
2.    Polling dengan mengusulkan nama
3.    Pemilihan dengan menghasilkan nama
a.    Abdul rohmat basar 10
b.    Herman (1)
c.    Andi Akbar (1)
d.    Sabtu (0)
e.    Nanang (6)
Terpilihnya Ketua Panitia Abdul Rohmad Basar, M.Kom, KKL Genap 2015/2016 dan sekretaris panitia adalah pak Nanang, MT
-    Pembiayaan KKL
-    Data sementara 128 Mahasiswa yang sudah mengambil matakuliah Kerja Praktek
-    

b.    Ir Larisang, MT.
-    Pembiayaan KKL  Genap 2015/2016
-    Akan di ikutkan SKS yang sudah 110,
-    Pembiayaan masih belum dinaikkan
-    Biaya KKL Rp.1.350.000 tahun kemarin
-    Melibatkan Dosen Tetap untuk melakukan KKL dan mahasiswa sebagai pendamping pelaksanaan kegiatan.
-    KKL lebih kepada materi dan untuk kegiatan fisik (berupa perbaikan masjid dan dll) sesuai dengan kondisi lapangan di KKL nanti)
-    Untuk size baju segera di informasikan kepada mahasiswa


4.    Kesimpulan dan Rekomendasi

Diharapkan ketua panitia terpilih untuk dapat segera membuat system kkl , karena kkl kolobarasi ini,